MENGHITUNG VOLUME KENDARAAN
Dikenal beberapa istilah mengenai volume kendaraan :
- PHV : Peak Hour Volume yaitu volume jam puncak yang tersusun dari volume 15 menitan tersibuk berurutan selama 1 jam.
- PHF : Peak Hour Factor yaitu faktor jam puncak yang diperoleh dari ,PHV dibagi dg 4x volume maks pada volume 15 menitan di PHV
- LHR : Lalu lintas harian rata-rata selama 24 jam
- AADT : Annual average daily traffic yaitu LHR yang pengukurannya minimal 365 hari( 1 tahun)
- ADT : Average daily traffic . Yaitu LHR yang pengukurannya kurang dari satu tahun
Metode pengumpulan data (yang sering dilakukan ):
- Pengamatan dilakukan dengan interval waktu 15 menit
- Pengamatan dilakukan 2 arah
- jenis kendaraan dikelompokan semakin rinci (LV=light vehicle, HV=heavy vehicle, MC=motorcycle, UM=unmotorizhed)
- Lama pengamatan : 2 jam (minimal), 16 jam, 24 jam, 48 jam.
contoh :
Waktu | Volume ( kendaraan ) |
06.00-06.15 | 400 |
06.15-06.30 | 450 |
06.30-06.45 | 550 |
06.45-07.00 | 600 |
07.00-07.15 | 625 |
07.15-07.30 | 525 |
07.30-07.45 | 475 |
07.45-08.00 | 575 |
Ditanyakan : PHV, PHF, LHR(jika PHV=10% LHR) ???
Jawab:
-PHV = Σ V =550+600+625+525 = 2300 kendaraan/jam
-PHF = PHV/(4 x Vmaks) = 2300/(4 x 625) =2300/2500 =0.92
-LHR = 2300/10% =23000 kendaraan/hari
KAPASITAS RUANG JALAN
Kapasitas ruang kalan dibedakan menurut lokasinya yaitu:
- Simpang bersinyal
- Simpang tak bersinyal
- Jalinan
- Jalan perkotaan
- Jalan Luar kota
- Jalan bebas hambatan
Diantara 6 lokasi diatas, yang paling mudah analisis mungkin yang jalan perkotaan(menurutku), karena cuma butuh minimal 2 orang saja untuk survey. Jadi Saya akan sedikit membahas Kapasitas ruas jalan perkotaan.
KAPASITAS RUAS JALAN PERKOTAAN
Rumus :
C = Cο x FCw x FCsp x FCsf x FCcs
dengan,
C = kapasitas jalan sesungguhnya (smp*/jam)
C0 = kapasitas dasar/ideal berdasarkan kondisi geometri, polaarus lalu-lintas, dan faktor lingkungan (smp/jam)
FCw =Faktor penyesuaian lebar jalur
FCsp =Faktor penyesuaian untuk kapasitas dasarakibat pemisahan arah lalu-lintas (hanya jalan duaarah tak terbagi).
FCsf = Faktor penyesuaian hambatan samping
FCcs = Faktor penyesuaian akibat ukuran kota
(untuk faktor2 bisa dilihat di tabel buku MKJI 1997)
*smp (satuan mobil penumpang)adalah satuan untuk arus lalulintas dimana berbagai arus lalulintas(kendaraan) dikonversi kedalam arus kendaraan ringan termasuk mobil penumpang dan sasis sejenis dengan menggunakan *emp.
*emp (ekivalensi mobil penumpang) yaitu sebagai pembanding konversi kebentuk emp, dengan acuan mobil penumpang bernila 1 smp
Komentar
Posting Komentar