Langsung ke konten utama

Tugas 12 Rekayasa Lalu Lintas

MENGHITUNG VOLUME KENDARAAN
Dikenal beberapa istilah mengenai volume kendaraan :
  • PHV : Peak Hour Volume yaitu volume jam puncak yang tersusun dari volume 15 menitan tersibuk berurutan selama 1 jam.
  • PHF : Peak Hour Factor yaitu faktor jam puncak yang diperoleh dari ,PHV dibagi dg 4x volume maks pada volume 15 menitan di PHV
  • LHR : Lalu lintas harian rata-rata selama 24 jam
  • AADT : Annual average daily traffic yaitu LHR yang pengukurannya minimal 365 hari( 1 tahun)
  • ADT : Average daily traffic . Yaitu LHR yang pengukurannya kurang dari satu tahun

Metode pengumpulan data (yang sering dilakukan ):
  • Pengamatan  dilakukan dengan interval waktu 15 menit
  • Pengamatan dilakukan 2 arah
  • jenis kendaraan dikelompokan semakin rinci (LV=light vehicle, HV=heavy vehicle, MC=motorcycle, UM=unmotorizhed)
  • Lama pengamatan : 2 jam (minimal), 16 jam, 24 jam, 48 jam.
contoh :
WaktuVolume ( kendaraan )
06.00-06.15400
06.15-06.30450
06.30-06.45550
06.45-07.00600
07.00-07.15625
07.15-07.30525
07.30-07.45475
07.45-08.00575
Ditanyakan : PHV, PHF, LHR(jika PHV=10% LHR) ???
Jawab:
-PHV = Σ V =550+600+625+525 = 2300 kendaraan/jam
-PHF = PHV/(4 x Vmaks) = 2300/(4 x 625) =2300/2500 =0.92
-LHR = 2300/10% =23000 kendaraan/hari
KAPASITAS RUANG JALAN
Kapasitas ruang kalan dibedakan menurut lokasinya yaitu:
  1. Simpang bersinyal
  2. Simpang tak bersinyal
  3. Jalinan
  4. Jalan perkotaan
  5. Jalan Luar kota
  6. Jalan bebas hambatan
Diantara 6 lokasi diatas, yang paling mudah analisis mungkin yang jalan perkotaan(menurutku), karena cuma butuh minimal 2 orang saja untuk survey. Jadi Saya akan sedikit membahas Kapasitas ruas jalan perkotaan.
KAPASITAS RUAS JALAN PERKOTAAN
Rumus :

C = Cο x FCw x FCsp x FCsf x FCcs

dengan,
C = kapasitas jalan sesungguhnya (smp*/jam)
C0 = kapasitas dasar/ideal berdasarkan kondisi geometri, polaarus lalu-lintas, dan faktor lingkungan (smp/jam)
FCw =Faktor penyesuaian lebar jalur
FCsp =Faktor penyesuaian untuk kapasitas dasarakibat pemisahan arah lalu-lintas (hanya jalan duaarah tak terbagi).
FCsf = Faktor penyesuaian hambatan samping
FCcs = Faktor penyesuaian akibat ukuran kota
(untuk faktor2 bisa dilihat di tabel buku MKJI 1997)
*smp (satuan mobil penumpang)adalah satuan untuk arus lalulintas dimana berbagai arus lalulintas(kendaraan) dikonversi kedalam arus kendaraan ringan termasuk mobil penumpang dan sasis sejenis dengan menggunakan *emp.
*emp (ekivalensi mobil penumpang) yaitu sebagai pembanding konversi kebentuk emp, dengan acuan mobil penumpang bernila 1 smp

Komentar